Enam Tips Bekerja Lebih Cerdas

Bekerja cerdas jauh lebih penting dibandingkan bekerja keras. Mengapa? Sebab dengan bekerja cerdas, Anda dapat lebih efisien dalam bekerja dan tidak banyak membuang waktu. Salah satu tanda yang jelas dari seseorang yang bekerja cerdas adalah bahwa mereka tidak bekerja lebih banyak dari orang lain. Mereka telah dengan bijaksana menghabiskan waktu kerja mereka yang didelegasikan dan juga telah dengan bijaksana memanfaatkan waktu diluar jam kerja.

Penelitian menunjukkan bahwa otak kita didesain untuk bekerja lebih cerdas dibanding keras, kita hanya harus bersedia untuk mengubah kebiasaan kita seputar cara kita bekerja dan belajar. Jika Anda siap untuk merubah pola Anda dan mulai membuat kemajuan nyata melalui optimalisasi cara Anda bekerja serta meningkatkan efektivitas waktu yang Anda gunakan.

Tips ini akan membantu Anda untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras:

1. Buat keputusan saat pagi hari

Dua jam setelah Anda bangun di pagi hari merupakan waktu paling baik untuk membuat keputusan. Memanfaatkan waktu emas ini akan membuat Anda lebih mudah membuat keputusan. Seperti halnya tubuh, pikiran manusia pun dapat menjadi semakin lelah. Untuk itu, cobalah untuk menempatkan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berpikir dan energi lebih banyak di awal hari.

2. Ambil jeda waktu untuk berpikir

Sebelum melakukan pekerjaan apapun, sisihkan beberapa menit untuk memikirkan upaya apa yang harus dilakukan. Memikirkannya terlebih dulu akan membuat Anda lebih fokus dan cepat menyelesaikan pekerjaan. Itu karena Anda memiliki gambaran yang jelas tentang apapun yang akan dikerjakan.

3. Buat agenda kerja

Jika beban kerja Anda sangat banyak, dan waktu penyelesaiannya berdekatan, susunlah agenda pribadi. Agenda tersebut akan membantu Anda untuk menghindari tekanan kerja dan membuat Anda dapat melihat tugas di kantor dengan pAndangan lebih terbuka. Anda juga dapat mengatur waktu lebih baik dan mengetahui pekerjaan mana yang harus didahulukan. Dengan begitu, Anda pasti dapat menyelesaikan semua pekerjaan secara lebih baik.

3. Menerapkan multitasking dengan benar

Multitasking menciptakan ilusi bahwa mengerjakan banyak pekerjaan sama dengan menjadi produktif. Padahal, akan lebih sulit menyelesaikan pekerjaan dengan cara ini. Kerjakan satu tugas sampai selesai, istirahat sejenak, lalu garap pekerjaan selanjutnya. Agar mampu lebih produktif, Anda dapat mencoba untuk menerapkan teknik multitasking dengan benar. Sebelum menerapkan hal ini, yang jelas Anda harus tau prioritas apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

4. Rajin belajar dan menyimak

Keinginan untuk bekerja cerdas dapat digapai jika Anda rajin membaca dan memenuhi pengetahuan pribadi. Selalu membangun hubungan dengan orang lain juga dapat memberikan peluang untuk meningkatkan kemampuan pribadi. Ingat, salah satu cara untuk bisa bekerja cerdas adalah dengan menjadi cerdas dan pandai menyimak.

5. Istirahat

Bangun dari tempat duduk Anda, lakukan olah raga ringan. Melihat layar komputer terlalu lama mengakibatkan mata lelah dan sakit kepala. Keluar dan mencari udara segar sejenak membuat Anda berenergi lagi.

6. Jangan banyak mengeluh

Mengeluh hanya mengingatkan Anda dengan orang lain pada apa yang menjadi kesusahan kalian. Daripada mengeluh “saya sibuk banget nih!” lebih baik berpikir positif yang dapat menyemangati Anda.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.

More Stories
Digital Marketing adalah Wajah Pemasaran Masa Kini