Kesalahan saat Memulai Bisnis Online

Bisnis online adalah salah satu jenis bisnis yang paling booming beberapa tahun belakangan. Semua serba online, mulai dari memesan ojek melalui Gojek membuka toko online dengan Tokopedia ataupun Bukalapak. Nah sudah saatnya kamu juga bergabung dalam kumpulan anak muda yang membangun bangsa melalui bisnis online. Eits, sebelumnya tetap harus berhati-hati dalam menjalankannya, inilah kesalahan memulai bisnis online yang sering terjadi!

1. Tidak Punya Rencana Bisnis yang Jelas

Kesalahan memulai bisnis online yang sering terjadi paling pertama adalah tidak punya rencana bisnis jelas. Jika ingin memulai bisnis online, setidaknya butuh rencana bisnis yang dapat menggambarkan model bisnis yang ingin ditekuni.

Rencana bisnis harus dapat menjawab: Siapa customer-nya? Apa yang ditawarkan? Bagaimana cara menawarkan produk tersebut? Relasi seperti apa yang ingin dibangun? Darimana sumber pemasukan dan pengeluaran utama? Siapakah partner utama? Apa saja aktivitas-aktivitas yang penting? dan Berapa modal yang dibutuhkan? 

2. Terlalu Banyak Fokus, Bukan pada Pekerjaan Utama

Kesalahan memulai bisnis online yang sering terjadi selanjutnya yaitu terlalu banyak fokus yang terbagi. Jika kamu ingin memulai bisnis online, ada banyak hal yang harus dipikirkan. Ada hal-hal yang penting yang harus diputuskan, sepertil nama bisnis dan domain, membuat logo, menentukan visi dan lain sebagainya.

Gunakan energimu untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang mendapat prioritas utama. Delegasikan pekerjaan-pekerjaan yang bukan prioritas utama. Contohnya memasang jaringan komputer, memasang internet, menghubungi provider internet dan lain sebagainya.

3. Mengabaikan Arus Kas

Kesalahan memulai bisnis online yang sering terjadi berikutnya yakni mengabaikan keuangan: arus kas, kebutuhan modal dan pencatatan keuangan. Pastikan kamu memiliki perhitungan berapa modal yang dibutuhkan dan kapan? Untuk apa modal tersebut? Jangan pernah meremehkan pencatatan keuangan dan mengatur keuangan bisnis.

4. Merendahkan Layanan atau Produk yang Ditawarkan

Kesalahan memulai bisnis online yang sering terjadi selanjutnya yaitu merendahkan layanan atau produk yang tawarkan. Ada beberapa ahli marketing yang mengatakan premuim. Terkadang ada produk-produk yang dapat menerapkan konsep FREE (gratisan). Bisnis online tidak sama dengan bisnis yang serba gratisan. Kamu harus tahu darimana sumber pemasukan. Kalau gratisan terus, bagaimana mendapatkan penghasilan?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.

More Stories
Cara Memulai Bisnis Tanpa Uang